Program Pemerintah Untuk Melaksanakan Pengembangan Pariwisata Danau Toba Di Sumatera Utara

Kementerian Maritim dan Sumber Daya akan membangun teater 4 dimensi mengenai sejarah Danau Toba, guna menarik kunjungan wisata ke danau terbesar se-Asia Tenggara tersebut.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, ‎teater 4 dimensi ini akan menyampaikan sejarah yang luar biasa mengenai ledakan di Danau Toba pada puluhan tahun kemudian kepada wisatawan lokal dan asing.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Rizal mengaku sudah memanggil Direktur Smithsonian Institute yang mengelola museum di Amerika untuk menciptakan teater 4 dimensi di Danau Toba.



"Nanti pada dikala es jatuh, wisatawan mencicipi semburan es, bacin abu, wangi, terasa akan ada suasana dramatic sekitar 20 menit. Kaprikornus seolah berada di 75 ribu tahun lalu," tutur Rizal, Jakarta, Rabu (25/5/2016) malam.

‎Lebih lanjut Rizal mengatakan, sejarah luar biasa tersebut sanggup dijadikan daya tarik tersendiri untuk Danau Toba, sebab ledakannya lebih dasyat dari letusan Gunung Krakatau dan Vesuvius di Pompie, Italia.

"Akibat ledakan itu, bumi berbulan-bulan gelap gulita sebab abunya dan terjadi perubahan cuaca yang disebut climate change," ujar Rizal.