Pesona Dari Kenikmatan Kurma Di Tengah Padang Gurun Arab Saudi

            

Kita sebagai umat muslim kelak mempunyai kesempatan melaksanakan ibadah umrah dan haji. Dengan kekuatan niat serta ditopang kesabaran, Insha Allah, perjalanan ke Baitullah akan terlaksana. Nah, Republika sedikit membuatkan pengalaman ketika berkesempatan mengunjungi Tanah Suci.

Selain menjalani acara ibadah, ziarah, dan berkunjung ketempat bersejarah, agen perjalanan biasanya meyempatkan jamaah untuk singgah ke perkebunan kurma di Madinah.


Iklim Arab Saudi yang sangat panas, kebun kurma hadir menyuguhkan sensasi kesegaran bagi para jamaah. Ketika hingga ditempat ini kita tidak merasa sedang berada di tanah Arab yang gersang alasannya yaitu rimbunnya pohon-pohon kurma di sekitar kita. Uniknya lagi, dominasi para pedagang pun banyak berasal dari Indonesia.


Kebun kurma juga dilengkapi toko swalayan yang menjual bermacam-macam jenis kurma dan oleh-oleh khas dari negara Arab Saudi maupun negara-negara Timur Tengah lainnya. Di daerah ini kita dapat membeli kurma dari harga yang termurah hingga yang termahal, termasuk kurma Ajwa (kurma nabi) yang sangat populer itu.

Selain aneka kurma, toko ini juga menjual beberapa jenis manisan dan ragam coklat untuk oleh-oleh para jamaah. Bagi para ROLexplorer yang sedang menunaikan ibadah umrah maupun haji, sempatkan waktu mampir ketempat ini ya.