Tempat Wisata Keren Yang Harus Di Kunjungi Di Thailand !


Jalan-jalan ke Thailand, niscaya sudah wajib tiba ke Bangkok. Tapi ternyata, ada banyak destinasi dan acara seru lainnya selain Bangkok lho!

Selain Singapura dan Malaysia, tak dipungkiri jikalau Thailand merupakan tempat liburan favorit traveler Indonesia. Tempat wisatanya cantik-cantik, makanannya enak-enak dan juga banyak tempat belanja murah.

Tapi tak dipungkiri juga jikalau kebanyakan traveler Indonesia hanya suka mampir ke Bangkok. Padahal sebenarnya, masih banyak destinasi dan atraksi wisata di luar Bangkok yang sayang dilewatkan.

Disusun detikTravel, Kamis (2/6/2016) berikut 4 alasan kau harus melancong ke Thailand selain ke Bangkok:

1. Banyak kota seru


Ada banyak kota selain Bangkok yang menarik untuk dikunjungi. Datanglah ke Phuket yang berjarak 1 jam naik pesawat dari Bangkok, untuk bersantai di pantai dan pulau yang eksotis. Ada daerah Pantai Patong yang disebut menyerupai mirip di Pantai Kuta, Bali dengan pasir kecokelatan dan berderet tempat hiburan.

Ada lagi Pantai Kata, tempat favorit bule berjemur di Phuket. Kata Beach dibagi menjadi 2 kawasan, yakni Kata Centre dan Kata South. Kata Centre ialah pantai utama dan sentra keramaian, sementara Kata South ialah wilayah lebih sepi tempat berdirinya beberapa resor mewah. Banyak bule Eropa yang berjemur di atas pasir pantainya yang putih. Jangan lupa juga untuk mampir ke Phi phi Island yang kecantikannya sudah diakui dunia.

Kota Chiang Mai juga menarik untuk didatangi. Terdapat banyak kuil di sana menyerupai Wat Chedi Luang, Wat Umong, Wat Chiang Man dan masi banyak lagi. Lalu ada Chiang Rai, yang merupakan tempat tinggal Suku Karen yang wanitanya berleher panjang lho!

2. Banyak kota yang sepi


Dari sejumlah tujuan wisata di Thaliand, nama Hua Hin mungkin masih kalah pamor. Berlokasi sekitar 3 jam naik kendaraan beroda empat dari Bangkok tepatnya ke daerah teluk, inilah pesisir yang masih sepi dengan harga-harga kebutuhan sehari-hari yang jauh lebih murah dibanding kota-kota besar Thailand lainnya.


Pantainya tenang dengan pasir putih yang berbutir besar. Hua Hin ialah kota yang hening dan tenang, terlindung oleh bukit-bukit cadas yang kokoh. Kata Hua Hin sendiri konon memang berarti 'kepala batu', mengacu pada perbukitan kerikil yang melindungi daerah itu. Selain bersantai, jangan lupa untuk mampir ke perkebunan anggur dan pasar malam di sana ya!
Yang kedua ialah Sukhothai, terletak sekitar 7 jam perjalanan dari Bangkok. Tahukah Anda, bahwa Sukhothai ini merupakan ibukota pertama Thailand tepatnya pada 1238.

Sukhothai merupakan nirwana bagi traveler pecinta sejarah. Sukhothai Historical Park ialah buktinya. Komplek sejarah seluas 70 Km2 ini punya reruntuhan 21 kuil dari era ke-13. Komplek ini ialah mahakarya Raja Sukhothai yang berjulukan Ramkamhaeng. Dialah yang membuat alfabet Thailand, sekaligus mendirikan pondasi politik dan agama di Negeri Gajah Putih itu.

Reruntuhan puluhan kuil tersebut tersebar di lanskap hijau, dengan lebih dari 200 terusan dan danau buatan yang sangat cantik. Sukhothai Historical Park, bersama beberapa situs lain di Old Sukhothai yaitu Ramkhamhaeng National Museum, Ramkhamhaeng National Park, Sri Satchanalai National Park, The Royal Palace, dan Wat Mahathat ialah Situs Warisan Dunia yang didaulat UNESCO.

3. Pulau anggun di selatan Thailand


Kawasan selatan Thailand diberkahi bentang alam berupa kepulauan yang cantik. Lokasinya pun tak jauh dari akwasan Phuket. Sepertinya, harus sediakan satu atau dua hari khusus untuk hoping island alias menjelajahi tiap pulau di sana.

Kepulauan Similian di Provinsi Phang Nga, Thailand potongan selatan mempunyai pantai berpasir putih nan halus, serta lautan biru jernih tanpa secuil sampah. Silakan senorkeling untuk bertemu parrot fish, surgeon fish, rabbit fish, fusilier yang merupakan ikan berekor kuning dan masih banyak lagi.

Yang mau bertemu penyu, silakan melipir ke Kepulauan Surin yang berjarak 2 jam naik boat dari Phuket. Selain itu, kehidupan Suku Moken yang merupakan suku orisinil di sana juga menarik untuk dikunjungi.


Ko Tarutao ialah salah satu dari 51 pulau yang termasuk ke dalam Tarutao National Marine Park, di selatan Thailand. Pulau ini populer dengan pantai yang landai dan berpasir putih. Pulau-pulau karang di lepas pantainya pun terlihat eksotis.

Koh Bon pun populer sebagai spot top untuk snorkeling, yang berada tak jauh dari Kepulauan Similian. Di sini ketika snorkeling kita sanggup bertemu ikan pari. Biasanya, waktu terbaik untuk snorkeling di sana ketika November-April.

4. Banyak kuil keren


Di luar bangkok, masih banyak kuil-kuil keren yang sayang untuk dilewatkan. Ada Wat Phrathat Doi Suthep yang berada di pegunungan Chiang Mai, dengan arsitektur dan lukisan serta view pegunungan dan lembah yang indah.


Sedangkan, Wat Phra That Lampang Luang di utara Thailand merupakan salah satu candi tertua yang usianya 2.500 tahun. Konon ada rambut Sang Buddha di sana.
Komplek kuil di The Phanom Rung Historical Park, daerah Isan merupakan komplek kuil yang unik. Sebab di era ke-10, awlanya ini ialah candi Hindu yang lalu ratusan tahun setelahnya diubah fungsinya menjadi kuil Buddha.

Masih ada kuil Ayutthaya dan White Temple di Chiang Rai yang bersejarah. Khusus White Temple, sesuai namanya kuil ini seluruhnya berwarna putih dan disebut sebagai kuil terindah di dunia!