5 Manfaat Penyusunan Jurnal Keuangan untuk Bisnis Rumahan

Dibutuhkan ketelitian dalam mengelola sebuah bisnis. Terutama saat Anda harus menyusun rincian cash flow dalam bisnis Anda. Penyusunan jurnal keuangan memang menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan demi kemajuan sebuah usaha. Berikut adalah 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan lewat penyusunan laporan keuangan dalam sebuah bisnis.

1.                Mengetahui Jumlah Keuntungan

Saat menjalankan sebuah bisnis, apa yang menjadi tujuan utama Anda? Tentu tidak bisa dipungkiri kalau mendapat untung adalah tujuan Anda memulai sebuah bisnis. Anda tentu saja ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan tersebut. Untuk mengetahui seperti apa perkembangan keuntungan yang didapat, Anda harus menyusun laporan keuangan.

Jurnal ini akan sangat membantu Anda untuk melihat berapa banyak nilai keuntungan yang sudah didapatkan. Apakah sudah sesuai dengan target atau belum? Apakah sudah menutup modal atau belum? Hal ini wajib untuk diketahui sehingga bisnis Anda bisa bergerak maju tidak statis.

2.                Memisahkan Aset Bisnis dan Pribadi

Pembuatan jurnal finansial dalam dunia bisnis sangat bermanfaat membantu Anda memisahkan mana aset pribadi dan aset bisnis. Perlu dipahami bahwa dua hal ini sangat penting untuk dipisahkan. Anda harus bisa membedakan mana uang yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi dan mana uang yang khusus dipakai untuk bisnis.

Jangan mencampurkan aset pribadi dan bisnis karena akan sulit bagi Anda untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jika keduanya jelas terpisah maka akan lebih mudah untuk membuat bisnis berkembang. Memisahkan dua jenis aset ini akan lebih mudah jika Anda memiliki jurnal finansial.

3.                Memudahkan Evaluasi

Sebagai pelaku usaha, maka penting sekali untuk melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi ini dilakukan untuk melihat sejauh apa bisnis Anda berjalan. Keuntungan apa saja yang sudah didapatkan, kerugian apa saja yang diderita, juga kesalahan apa saja yang sudah dilakukan. Jurnal keuangan yang Anda buat bisa dimanfaatkan sebagai acuan dalam melakukan evaluasi tersebut.

4.                Mempermudah Penyusunan Laporan

Bagi Anda yang menjalankan usaha dan menjalin kerja sama dengan pihak lain, maka Anda perlu membuat laporan keuangan. Misalnya, Anda bekerja sama dengan pihak lain sebagai investor. Maka perlu dilakukan penyusunan laporan secara berkala. Penyusunan laporan ini akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki jurnal finansial yang disusun secara runtut.

Meskipun bisnis Anda adalah skala bisnis rumahan namun kerjasama seperti ini bisa saja terjadi. Anda bisa saja menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk memulai bisnis rumahan tersebut. Jadi, pembuatan laporan juga tetap harus dilakukan agar hubungan kerja sama kedua pihak bisa berjalan baik.

5.                Memudahkan Penyusunan Strategi

Jurnal finansial dalam sebuah bisnis ternyata juga bisa bermanfaat karena akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi bisnis. Dokumen ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah bisnis berikutnya. Sebagai contoh, jika jurnal finansial menunjukkan adanya penurunan keuntungan maka Anda bisa mengambil strategi marketing yang lebih efektif.

Setiap keputusan yang diambil oleh pelaku usaha sangat berpengaruh pada kelangsungan usaha itu sendiri. Jadi, setiap keputusan harus diambil berdasarkan data yang akurat. Salah satunya adalah data yang tercantum dalam jurnal finansial ini. Dengan begitu pengambilan keputusan bisa berjalan efektif dan bermanfaat bagi kelanjutan bisnis.

Itulah 5 manfaat penyusunan jurnal keuangan bagi bisnis rumahan. Anda tak perlu bersusah payah karena sekarang ada Bukuwarung yang akan membantu Anda menyusun jurnal tersebut. Pembukuan bisnis jadi lebih mudah dan efektif bersama aplikasi ini.